Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MEMINIMALKAN KUANTITAS MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS

Muhammad Azzarkasyi (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)
Suhrawardi Ilyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak media PhET simulasi untuk meminimalkan kuantitas miskonsepsi pada materi listik dinamis siswa SMAN 5 Banda Aceh.  Penelitian ini menggunakan  desain  pre-experimental  design  dengan  bentuk  one  group  pretest-posttest design.  Sampel  yang  digunakan  adalah  kelas  XII-IA4 dan kelas XII-IA5  yang  berjumlah  46  siswa. Soal  pretest  dan  posttest yang dilengkapi dengan kolom  Certainty of Response Index  (CRI) dan alasan untuk  membedakan siswa yang tidak tahu konsep (LK), tahu konsep (KCC), menebak (LG), miskonsepsi (MK), dan jawaban tidak konfiden (NC). Hasil pretes menunjukkan bahwa 25,95 % siswa tidak tahu konsep (LK), 20,79% siswa tahu konsep (KCC), 0,68% siswa menebak (LG), 40,49% siswa yang miskonsepsi (Mis), 12, 11 % siswa tidak konfiden (NC). Setelah pembelajaran dengan simulasi komputer, siswa yang mengalami miskonsepsi (Mis) menurun menjadi 13,04%. Kesimpulan yang diperoleh adalah  pembelajaran dengan menggunakan media simulasi komputer mampu secara signifikan meminimalkan kuantitas siswa pada materi listrik dinamis

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...