Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode eksperimen dapat mengatasi miskonsepsi pada materi rangkain listrik di SMA N 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pre-experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Teknik pengambilan sampel dengan pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda beralasan (Two Tier Test). Hasil uji normalitas nilai pretest dan postest berdasarkan rumus chi kuadrat tidak normal, akan tetapi uji normalitas menggunakan rumus liliefors menunjukkan data yang diperoleh adalah normal. Hasil analisis data, siswa yang mengalami miskonsepsi (Mis) rata-rata sebelum diberikan treatment sebesar 45% dan setelah diberikan treatment rata-rata sebesar 14. Sebanding dengan peningktan hasil belajar sebesar 40,36 menjadi 80,71 sesudah diberikan treatment. Berdasarkan hasil tersebut metode ekperimen efektif untuk menurunkan miskonsepsi dan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2017