Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 2 (2015): Oktober 2015

KETERAMPILAN PROSES SISWA SMAN 2 BANDA ACEH PADA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT EXCEL MATERI TITRASI ASAM BASA

Nilawati Nilawati (Unknown)
Ibnu Khaldun (Unknown)
Muhammad Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

Kegiatan laboratorium di negara yang telah maju, pada tingkat SMA lebih banyak dilakukan dengan media komputer sehingga diperlukan adanya media yang dapat digunakan khususnya pada konsep titrasi asam basa. Selain itu, keterampilan proses dibutuhkan siswa karena melalui keterampilan proses siswa memperoleh ilmu sains itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses siswa SMAN 2 Banda Aceh pada materi titrasi asam basa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel pada materi titrasi asam basa dapat meningkatkan keterampilan proses siswa SMAN 2 Banda Aceh dari 35,89 dengan nilai ideal 100 menjadi 62,68.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...