Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

PENGEMBANGAN LKS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 BEUTONG PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Syarifah Rahmiza M (Unknown)
Adlim Adlim (Unknown)
Mursal Mursal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian tentang pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi  dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong Pada Materi Induksi Elektromagnetik telah dilakukan. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan LKS STEM pada materi induksi elektromagnetik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Beutong , semester genap Tahun Ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi awal yaitu mengumpulkan data nilai ujian semester IV siswa, angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses belajar mengajar. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji X2 untuk motivasi menunjukkan X2 hitung (29,2)  X2tabel (7.81) yang berarti dengan menggunakan LKS STEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan untuk aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai 24,95,99 yang artinya dengan menggunakan LKS STEM juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...