Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 7, No 2 (2019): Oktober 2019

PENGEMBANGAN SOAL KIMIA HIGHER ORDER THINKING SKILLS BERBASIS KOMPUTER DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MATERI HIDROLISIS GARAM DAN LARUTAN PENYANGGA

Ibnu Khaldun (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh Indonesia)
Latifah Hanum (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh Indonesia)
Shinta Dita Utami (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis kualitas serta kelayakan soal-soal kimia kategori HOTS yang dikembangkan pada  materi hidrolisis garam dan larutan penyangga dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan model 3-D yang telah dimodifikasi dari model 4-D. Subjek penelitian adalah 32 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala angkatan 2016. Instrumen yang digunakan  yaitu  lembar validasi penilaian kualitas soal, kelayakam media, angket tanggapan mahasiswa, dan kualitas butir soal. Hasil uji kelayakan soal oleh tim ahli materi dan hasil validasi telah memiliki kriteria sangat layak dengan skor  masing-masing sebesar  85,0% dan  99,7%.  Berdasarkan hasil analisis butir soal diperoleh  soal valid sebesar 80% dengan  reliabilitas  sebesar 0,763. Tingkat kesulitan soal dengan kategori mudah, sedang, dan sulit berturut-turut 15,0%, 75,0%, dan 10,0%.  Daya beda soal dengan kategori baik sebesar 55,0% dan kategori cukup  sebanyak 45,0%. Pengecoh  soal   yang berfungsi dengan baik sebesar 62,5%. Soal HOTS ini  mendapat tanggapan  positif   sebesar  93,3%.  Dapat disimpulkan bahwa soal kimia materi hidrolisis dan larutan penyangga kategori HOTS berbasis komputer memiliki kualitas soal yang baik dan sangat layak digunakan sebagai tes hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...