Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 2 (2017): OKTOBER 2017

PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBERIAN REWARD UNTUK TUTOR SEBAYAPADA KONSEP GERAK HARMONIK SEDERHANA

Afdhal Sufahmi (Unknown)
Rini Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward kepada tutor sebaya terhadap peningkatan ketuntasan belajar dan sikap sosial peserta didik. Penelitian ini berbentuk eksperimen semu dengan Non-equivalentPretest-Posttest Control Group Design.Pengambilan sampel dengan tehnik purposive sampling yaitu MIA 5 (kelas eksperimen) dan XI MIA 6 (kelas kontrol).Lima tutor dipilih dari setiap kelasdengan kriteria yang sudah ditentukan. Data dikumpulkan dengan menggunakan uji pilihan ganda dengan 19 item yang sebelumnya divalidasi oleh ahli serta diuji coba, sedangkan lembar observasi sikap sosial peserta didik hanya divalidasi pakar, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh skor rata-rata ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol yaitu 75 dan 67dengan N-gain yakni 0,62 dan 0,50, dan skor rata-rata sikap sosial diperoleh 3,48 dan 2,32 untuk tutor serta 3,23 dan 2,23 untuk peserta didik.Hasil penelitian didapatkan nilai N-gain thitung sebesar -4,608 dan ttabel sebesar 2,000 atau thitung ttabel, menunjukkan terdapat perbedaan signifikan ketuntasan belajar dan sikap sosial peserta didik yang diajarkan antara strategi pembelajaran tutor diberikan reward  dan tutor tanpa pemberian reward.Ini berarti strategi pembelajaran tutor sebaya dengan pemberian reward mampu meningkatkan ketuntasan belajar dan sikap sosial peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Bireuen.Kata kunci :reward, tutor sebaya, ketuntasan belajar, sikap sosial 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...