Sciening : Science Learning Journal
Vol. 4 No. 1: Juni 2023

Pengembangan Modul Berbasis Riset Keanekaragaman Spesies Ikan di Danau Tondano terhadap Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi

Nonny Manampiring (Universitas Negeri Manado)
Jimmi Andrew Mamahit (Universitas Negeri Manado)
Dany Ch. Posumah (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran berbasis hasil riset keanekaragaman spesies ikan di danau Tondano pada mata kuliah Biodiversitas Sulawesi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan desain pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengembangan modul ajar ini dilakukan dalam menjawab permasalahan terhadap kendala mahasiswa dalam memperoleh sumber referensi belajar yang lebih spesifik, dikarenakan pada mata kuliah tersebut belum melakukan pengembangan tentang biodiversitas fauna khususnya keanekaragaman ikan di daerah danau Tondano. Modul yang dikembangkan melaui penyusunan storyboard terlebih dahulu untuk memudahkan menyusun produk akhir. Modul hasil pengembangan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dengan hasil validasi sebesar 97.48% dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli media dengan hasil validasi sebesar 93.90% dengan kategori sangat valid. Uji efektivitas modul terhadap literasi sains dengan perolehan nilai N-Gain 87.70% dengan kategori “sangat efektif”, dan pembagian penskoran memperoleh nilai N-Gain 0.88 dengan kategori “tinggi”. Hasil respon mahasiswa terhadap modul menunjukkan nilai sebesar 95.61 dengan kategori “sangat praktis”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...