Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pengamalan Sila-Sila Pancasila Kelas IV SD

Dyah Anggraini (Universitas PGRI Palembang)
Rohana Rohana (Universitas PGRI Palembang)
Imelda Ratih Ayu (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pop-up book pada materi pengamalan sila-sila Pancasila yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 21 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, angket respon guru serta tes hasil belajar PPKn. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan penggunaan bahasa. Untuk kriteria kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor presentase 89,7% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa diperoleh skor presentase 84,9% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru diperoleh skor presentase 87,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 85,2% yang diperoleh dari tes hasil belajar PPKn materi pengamalan sila-sila Pancasila dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa media pop-up book yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...