Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan materi tangga nada dan interval untuk menguatkan intonasi dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko dalam pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan metode studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat tulis, kamera dan handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan materi tangga nada dan interval sangat bermanfaat untuk menguatkan intonasi dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMPN 29 Padang. Hasil yang dicapai siswa bisa menyanyikan lagu yamko yambe yamko baik secara unisono (satu suara) maupun pecahan suara (suara 1 dan 2). Sebelum diterapkan materi tangga nada dan interval pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara ditemukan bahwa hanya satu siswa saja yang tepat dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko dengan benar dan setelah diterapkan hampir seluruh siswa dapat bernyanyi dengan baik dalam menyuarakan setiap nada dengan teknik yang benar serta punya rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil bernyanyi yang lebih baik dengan diterapkannya materi tangga nada dan interval selama enam kali pertemuan di SMP Negeri 29 Padang.
Copyrights © 2023