Avant-garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan
Vol. 1 No. 2 (2023): June

Pembelajaran Musik Tradisional (Pupuik Sarunai) Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti

Nandina, Marlis Putri (Unknown)
Marzam (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran musik tradisional (Pupuik Sarunai) siswa kelas X SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, studi pustaka, wawancara dan studi dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang belum sesuai dengan modul sehingga berdampak pada penilaian hasil belajar peserta didik tersebut. Dari evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru didapatkan penilaian hasil belajar pada peserta didik masih banyak peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yaitu sebanyak 6 orang, peserta yang mendapatkan nilai pas KKM 16 orang, dan untuk peserta didik yang nilainya melewati KKM hanya sebanyak 9 orang. Agar tercapainya tujuan dan hasil belajar guru harus memperhatikan modul ajar yang telah dirancang dan dapat diterapkan pada pelaksanaan proses pembelajaran mengenai alat musik pupuik sarunai tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

avant-garde

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Avant-garde: The Scientific Journal of Performing Arts Education is published periodically three times a year, namely in February, June and October, is a forum for channeling thoughts and disseminating knowledge in the realm of Performing Arts (drama, dance and music) and learning in the form of ...