Pembelajaran literasi numerasi dan karakter menjadi salah satu bagian pokok dari kurikulum merdeka. Kedua aspek ini menjadi salah satu bekal keterampilan yang harus dimiliki siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis permasalahan pembelajaran literasi numerasi dan karakter yang dapat dijadikan sebagai kebutuhan pengembangan sebuah produk pembelajaran. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Partisipan yang terlibat yakni guru dan siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tiga tema utama yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini. Tiga tema tersebut adalah bahan ajar yang terbatas untuk menumbuhkan kemampuan literasi numerasi, minimnya latihan soal literasi numerasi, dan permasalahan perilaku yang berhubungan dengan karakter. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan bagi peneliti selanjutnya untuk analisis kebutuhan dalam pengembangkan model pembelajaran, modul pembelajaran untuk siswa, dan buku panduan untuk guru yang dapat mengembangkan kemampuan literasi numerasi dan karakter siswa
Copyrights © 2023