MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 6 No 2 (2023): July 2023

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID KELAS III DENGAN MEDIA YOUTUBE DI SDN NO 36 TONASA

Muliati Muliati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Paida (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sri Rahayu (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui media audiovisual YouTube pada murid kelas III di SDN No 36 Tonasa, Parappa, Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN No 36 Tonasa, Parappa, Kabupaten Takalar, pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari 25 murid kelas III, dengan 13 laki-laki dan 12 perempuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara murid pada siklus pertama adalah 62, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 94. Tingkat ketuntasan keterampilan berbicara juga mengalami peningkatan, di mana pada siklus I hanya 10 murid (40%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, sebanyak 24 murid (96%) mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audiovisual YouTube berhasil meningkatkan keterampilan berbicara murid kelas III di SDN No 36 Tonasa, Parappa, Kabupaten Takalar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mida

Publisher

Subject

Description

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam contains scientific studies on education in Madrasas or Elementary Schools, educational innovations, and educational thinking in the form of: 1) Research results, 2) Conceptual ideas, 3) Literature studies, and practical ...