Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2023): MEI

UPAYA GURU DALAM PENGENALAN KONSEP BILANGAN UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD SBB MUJI MESRA ACEH UTARA

Ika Zahara (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Israwati . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Siti Naila Fauzia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Yuhasriati . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Gracia Mandira (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Keywords: The Teachers Efforts, Concept of Numbers, The Early childhood Introducing the concept of numbers what Is meant is knowing the concepts of many objects from 1 to 10, recognizing the concept of numbers and recognizing number symbols. the formulation of the problem in the study is how the teacher’s efforts I indroducing the concept of numbers for early childhood at PAUD SBB Muji Mesra North Aceh. This research uses qualitative research. the research was conducted at PAUD SBB Muji Mesra North Aceh. With the subject of 3 teachers. Data collection techniques in this study were in the form of field observation techniques and teacher interviews. data analysis techniques are carried out in three stages, namely reducing data, and drawing conclusions. From the result that have been carried out in knowing the teacher’s efforts in introducing the concept of number recognition activities using number recognition media in the from shirt buttons and number pagara media though assignment and demonstration methods. The conclusion of this study is that the teachers efforts in number recognition by using activities to make a sequence of numbers 1-10 by using methods and tools that are easy for children  to understand in recognizing numbers 1-10.Abstrak. Pengenalan konsep bilangan yang dimaksud adalah mengetahui konsep banyak dan sedikit,  Membilang banyak benda 1 sampai 10, mengenal konsep bilangan, dan mengenal lambang bilangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam pengenalan konsep bilangan untuk anak usia dini di PAUD SBB Muji Mesra Aceh Utara. Untuk mengetahui upaya guru dalam pengenalan konsep bilangan untuk anak usia dini di PAUD SBB Muji Mesra Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di PAUD SBB Muji Mesra Aceh Utara. Dengan subjek berjumlah 3 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi lapangan dan wawancara guru. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan  yaitu 1) Mereduksi data, 2) Menyajikan data, dan 3) Menarik kesimpulan. Dari hasil yang dilaksanakan upaya guru dalam pengenalan konsep bilangan untuk anak usia dini adalah dengan kegiatan mengenal angka dengan menggunakan media untuk pengenalan angka berupa media kartu angka, manik-manik atau kancing baju, dan media alat peraga angka serta metode yang digunakan yaitu metode pemberian tugas dan demonstrasi . Kesimpulan dari penelitian ini bahwa upaya guru dalam pengenalan angka dengan menggunakan kegiatan membuat urutan bilangan 1-10 dengan menggukan metode dan alat pembelajaran yang mudah anak pahami dalam mengenal angka 1-10.Kata Kunci: Upaya Guru, Pengenalan Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Copyrights © 2023