Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Hasil Karya untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak usia Dini

Sudarti Sudarti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Yuniarti Yuniarti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Kristina Yulita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah aspek perkembangan bahasa. Berbicara merupakan bentuk bahasa ekspresif, upaya pengembangan nya dapat melalui metode bercerita. Metode bercerita menggunakan hasil karya adalah alternatif untuk menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Riset berikut bertujuan guna mengetahui  efektivitas metode bercerita menggunakan hasil karya untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Peneliti memakai jenis riset kuantitatif serta rancangan one group pre-test and post-test design, dengan sampel sejumlah 17 anak. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji paired sample t test dan program SPSS versi 22. Hasil pre-test dan post-test dengan taraf signifikansi alfa 5% didapatkan nilai t hitung sebesar -13,741  dengan nilai p­­-value sebesar 0,000 yang kurang dari alfa sebesar 0,05. keputusan yang dapat diambil adalah tolak Ho dan terima Ha, artinya terdapat efektivitas dari metode bercerita menggunakan hasil karya terhadap kemampuan berbicara anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...