Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Pembelajaran Inklusi pada Anak Usia Dini: Bagaimana Sistem Pengelolaannya?

Sekar Tyas Pangestuti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Darsinah Darsinah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu bentuk layanan yang berperan agar keterampilan dan kemampuan anak berkembang optimal melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di PAUD Inklusi Saymara Kartasura meliputi: perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran inklusi diintegrasikan antara ABK dengan siswa reguler tertuang pada perencanaan semester, mingguan, dan harian. (2) Pengkoordinasian pembelajaran inklusi dilakukan dengan bentuk koordinasi vertikal dan horizontal. (3) Pelaksanaan pembelajaran inklusi dimulai dengan (a) kegiatan pendahuluan, (b) inti, dan (c) penutup. Adanya program terapi perkembagan bagi ABK. (4) Evaluasi pembelajaran inklusi menggunakan teknik penilaian harian, observasi, unjuk kerja, tanya jawab, hasil karya, dan anekdot. Hasil penilaian setiap anak berbeda, disesuaikan dengan kemampuan ABK maupun siswa reguler.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...