Aspek yang dipandang perlu untuk dikembangkan pada anak usia dinia adalah kemampuan kreativitas dan motorik halus anak, dan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan motorik halus adalah menggunakan media pembelajaran loose parts. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media loose part terhadap kreativitas dan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Birit. Jenis penelitian adalah Quasy Experiment dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Sampel penelitian menggunakan dua kelompok, yaitu eksperimen 22 anak dan kontrol 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) media loose part berpengaruh terhadap kreativitas. Anak yang diberikan media loose part memiliki rata-rata kreativitas lebih baik dibanding dengan anak yang diberikan lembar kerja/majalah dan berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Z sebesar -2,183 dengan signifikansi 0,029 0,05; (2) media loose part berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus. Anak yang diberikan media loose part memiliki rata-rata motorik halus lebih baik dibanding dengan anak yang diberikan lembar kerja/majalah dan berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Z sebesar -2,194 dengan signifikansi 0,028 0,05.
Copyrights © 2023