Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kompetensi guru dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Sukaraja dan menjelaskan pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Sukaraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil angket menunjukkan menunjukkan bahwa kompetensi guru kelas II SD Muhammadiyah Sukaraja memperoleh kategori sedang. Adapun hasil belajar kelas II SD Muhammadiyah Sukaraja memperoleh kategori tinggi. Setelah masing-masing data dari setiap variabel dianalisis, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis Regresi berganda. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung variabel X kurang dari dari ttabel ( 7.045< 2,069) dengan tingkat signifikan diatas 0,05 yaitu 0,000 Berdasarkan Cara pengambilan keputusan dapat disimpulkan Variabel kompetensi guru Berpengaruh Signifikan Terhadap hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023