Journal of Educational Review and Research
Vol 6, No 1 (2023): VOLUME 6 NUMBER 1 JULY 2023

ANALISIS KEMAMPUAN KOMPUTASIONAL MAHASISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Mariani Dian (Widya Mandala Surabaya Catholic University)
Ana Easti Rahayu Maya Sari (Widya Mandala Surabaya Catholic University)
Gregoria Ariyanti (Widya Mandala Surabaya Catholic University)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Pembelajaran matematika seharusnya berfokus pada proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa. Kemampuan matematika sendiri berkembang melalui korespondensi antara pemikiran rasional dan logika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kombinasi dari proses berpikir komputasional dan matematika. Empat praktik esensial yang dilakukan mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan CT adalah abstraksi, dekomposisi, debugging dan menentukan pola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara langsung, observasi lembar kerja dan latihan mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa baik melalui observasi dan latihan mandiri, empat praktik CT terlihat pada tiap mahasiswa. Akan tetapi hanya satu mahasiswa yang melakukan keempat proses tersebut dengan optimal. Keenam mahasiswa lainnya menunjukkan hasil praktik yang masih kurang optimal, sehingga perlu diarahkan secara intens kedepannya untuk hasil yang lebih optimal. Hal ini memperlihatkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran sebenarnya mahasiswa memiliki potensi untuk mengembangkan kemampuan berpikir komputasional, karena keempat praktik ini terlihat, walaupun sebagian besar kurang optimal. Oleh sebab itu, kedepannya perlu ada tindak lanjut, salah satunya dalam desain kegiatan pembelajaran yang mampu membuat mahasiswa terlibat dalam keempat praktik esensial pengembangan kemampuan komputasional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...