Dalam setiap sekolah tentunya mempersiapkan perencanaan pendidikan yang berbeda, bergantung pada kemampuan dan kompetensi guru pelajaran yang merancang RPP nya. Perencanaan tersebut memudahkan guru maupun sekolah dalam menentukan hasil dari proses pembelajaran yang akan dilakukan. Baik dari segi indikator pencapaian maupun tujuan pembelajaran akan menunjukkan fokus utama nilai karakter akan dicapai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berdasarkan wawancara untuk mendapatkan data valid dari Informan. Data yang diperoleh berupa transkrip wawancara yang kemudian dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan topik pembahasan yang disampaikan oleh narasumber. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Membentuk Karakter Berani dan Mandiri oleh Pendidik di SDN 112140 Rantauprapat.Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa penanaman karakter siswa- siswi tidak hanya berfokus pada saat proses belajar mengajar di kelas. Penanaman karakter dapat juga dilakukan dengan merancang kegiatan sekolah yang menuntut siswa untuk berani tampil didepan umum. Menyampaikan argumen, membacakan soal, bernyanyi, berhitung dan membaca ayat di depan seluruh siswa saat berada di lapangan seperti yang dilakukan oleh sekolah ini termasuk kegiatan yang menumbuhkan karakter berani pada siswa.
Copyrights © 2023