Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui lembar kerja peserta didik pada anak usia 5-6 tahun di TK Frater Don Bosco Tomohon. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dimana masih ada anak yang belum bisa mengenal lambang bilangan dengan baik. Anak mengenal lambang bilangan sebatas hafalan, sehingga anak masih terbalik-balik dalam menyebutkan lambang bilangan. Proses membilang anak juga belum tepat yaitu ketidaksesuaian antara pengucapan dengan jumlah benda yang dihitung. Oleh karena itu dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar di kelas, maka secara otomatis hasil belajar anak tidak mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 (Dua) siklus dengan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian yaitu anak di TK Frater Don Bosco Tomohon yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui lembar kerja peserta didik, menunjukkan adanya perubahan yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 60,0%, sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh anak sudah meningkat mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 5-6 tahun dan dapat meningkatkan hasil belajar anak di TK Frater Don Bosco Tomohon.
Copyrights © 2023