Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Sifat Sifat Kuantitatif Kambing Peranakan Ettawa (Pe) Betina Sebagai Sumber Bibit Di Kabupaten Lombok Tengah (Studi Kasus Pada Petani Ternak Kambing PE)

Muhammad Dohi (Universitas Mataram)
Kertanegara (Unknown)
I Nym. Sadia (Unknown)
A. Rai S. Asih (Unknown)
Bulkaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat kuantitatifi kambing PE betina yang dipelihara oleh petani ternak kambing PE yang dipelihara secara kelompok yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 sampai 30 November 2021 menggunakan metode survey dengan penentuan desa sampel berdasarkan keberadaan kelompok tani ternak kambing di suatu desa, sedangkan penentuan responden petani ternak dan ternak kambing PE dilakukan secara sensus, yaitu seluruh petani ternak dan ternak kambing PE yang dipelihara pada kelompok tani ternak sebagai responden. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan metode survei melalui wawancara responden dan pengukuran langsung berkaitan dengan sifat-sifat kuantitatip kambing PE betina yang dipelihara oleh kelompok petani ternak. Variabel yang diukur dilapangan adalah jumlah dan jenis pakan yang diberikan, ukuran-ukuran tubuh yang merupakan sifat-sifat kuantitatif kambing PE betina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran sifat-sifat kuantitatif kambing PE betina yang dipelihara oleh petani ternak responden lebih kecil dari ukuran sifat-sifat kuantitatif bibit kambing PE betina yang ditetapkan oleh SNI indonesia. Hal ini disebabkan karena menejemen pemeliharaan yang dilakukan oleh petani ternak responden kurang intensif, keadaan ini dapat dilihat dari pemberian pakan yang tidak memenuhi kualitas dan kuantitasnya. Pemberian pakan khususnya untuk kambing PE betina masih kurang yaitu sebanyak 2,8 kg, sedangkan kebutuhannya 3,4 kg, kurang 0,6 kg per ekor ternak. Pakan yang diberikan hanya berupa hijauan baik rumput dan dedaunan, sedangkan konsentrat tidak pernah diberikan. Keadaan ini disebabkan pengetahuan dan keterampilan responden masih rendah sebagai akibat rendahnya tingkat pendidikan responden, yaitu sebanyak 81,63 % berpendidikan tingkat dasar ( SD dan SMP ).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...