Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh model think pair and share terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 23 Limboto Kabupaten Gorontalo ?”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaru model think pair and share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 23 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- exsperimental designdengan rancangan One Group Pretest-Posttest Desain. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Model Think Pair And Share, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan berbicara. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 16 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Uji normalitas menggunakan Uji Liliefors. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari pengujian hipotesis diperoleh thitung> ????????????????e???? yaitu 4,28 > 2,13 dengan derajat kebebasan (df) = 15 dan taraf signifikan 0,05. Sehingga hasil pengujian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh think pair and share terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 23 Limboto Kabupaten Gorontalo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022