JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Validasi Ahli pada Pengembangan Media Puzzle Book untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Rista Dwi Permata (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia)
Risma Nugrahani (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran berupa Puzzle Book yang merujuk dari pada langkah-langkah yang digambarkan oleh Sugiyono. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan media Puzzle Book berdasarkan pandangan ahli. Pengujian kelayakan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Metode pengumpulan data menggunakan angket uji kelayakan yang diisi dengan menggunakan checklist. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor total hasil uji ke dalam bentuk persentase selanjutnya diubah menjadi data kualitatif menggunakan pedoman interpretasi kelayakan produk. Data yang diperoleh digunakan sebagai rujukan untuk perbaikan produk. Hasil dari penilaian yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan untuk penilaian yang dilakukan oleh ahli media sebesar 72,5% dengan kategori “Layak”. Rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 83,75% dan dapat dikategorikan bahwa media Puzzle Book “Sangat Layak” untuk digunakan dalam pembelajaran bagi anak usia 4-5 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...