Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Maria Emiwati Sihotang (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Attin Warmi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang penting dalam menghadapi kompleksitas kehidupan pada abad-21 ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan deskrptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu memberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara tidak terstruktur. Adapun, teknik analisis data yang digunakan berdasarkan Milles dan Huberman (Sugiyono, 2016), yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan memberikan tes kepada 30 siswa kelas IX.A di salah satu SMP Negeri Kabupaten Karawang kemudian peneliti mengambil 3 siswa sebagai subyek penelitian, yang dianggap dapat mewakili setiap kategori. Subyek tersebut diambil satu dari masing-masing tiap kategori, yang terdiri dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang masuk pada kategori tinggi, mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa yang masuk pada kategori sedang, hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Sedangkan, siswa yang masuk pada kategori rendah, tidak memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...