Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023

KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Yulaidi, Endrik Mas (Unknown)
Hardhita, Rizki Septa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran inquiry learning dan guided inqiry learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni meta-analisis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran inquiry learning dan guided inquiry learning ditinjau dari aspek hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji ancova one way yang menunjukka nilai signifikan 0.96 > 0.05. Selain itu berdasarkan hasil uji effect size diperoleh bahwa model pembelajaran inquiry learning dan guided inquiry learning memberikan pengaruh sedang terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...