Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan menggunakan bahan ajar sistem persamaan linear di SMK Bina Sabjanoba. Metode dalam penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yakni tes dan juga angket. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar soal tes kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal sistem persamaan linear serta lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sistem persamaan linear dengan menggunakan bahan ajar sistem persamaan linear pada tingkat tinggi termasuk ke dalam kategori sangat rendah. kemampuan siswa dalam memecahkan masalah termasuk dalam kategori rendah kebanyakan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada persamaan linear tiga variabel, sehingga bahan ajar yang dibuat masih perlu diperbaharui sehingga mudah dipahami oleh setiap siswa dan membantu siswa dalam memecahkan permasalahan sistem persamaan linear.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022