Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 9, No 1 (2022): Lemma: Letters of Mathematics Education

HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA STMIK JAYANUSA PADANG




Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dan keaktifan dalam berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa. Subyek yang diteliti adalah mahasiswa STMIK Jayanusa semester ganjil 2018/2019 sebanyak 83 mahasiswa. Data kreativitas belajar dan keaktifan berorganisasi diperoleh melalui penyebaran angket, sedangkan untuk  prestasi akademik mahasiswa diperoleh dari kartu hasil studi (KHS), teknik analisa data dengan korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kreativitas belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa, dan terdapat hubungan yang positif antara kreativitas belajar dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama terhadap prestasi akademik mahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...