Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education

PENGGUNAAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK MELIHAT PENGARUH METODE COOPERATIVE JIGSAW TERHADAP NILAI AKHIR MAHASISWA PADA MATAKULIAH ALJABAR LINIER




Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Metode cooperative Jigsaw adalah model pembelajaran dengan menggunakan pengelompokan/tim kecil yang terdiri dari 4-6 anggota dengan kemampuan berbeda sebagai kelompok asal. Masing-masing kelompok  asal membentuk kelompok baru disebut kelompok ahli. Kelompok ahli mendiskusikan masalah yang dihadapi kemudian kembali ke kelompok asal untuk berdiskusi dan mempresentasikan materi oleh masing-masing kelompok asal. Metode penilaian yang digunakan yaitu penilaian diskusi dan presentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh  penilaian diskusi dan presentasi pada metode cooperative jigsaw terhadap nilai akhir mahasiswa. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh besarnya  pengaruh penilaian diskusi dan presentasi terhadap nilai akhir mahasiswa 0.74 atau 74%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...