ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2023): Maret

PENGGUNAAN MEDIA NUMBER BLOCKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK IT AL AQSHA

Nurul Hidayah (Universitas Nusantara PGRI KEDIRI)
Intan Prastihastari Wijaya (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Penelitian yang dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan kognitif anak Penelitian ini dilakukan untuk lembanga yang kesulitan dalam mengembangkan aspek kognitif anak didiknya terutama pada aspek berhitung adalah (1) Kurangnya pemahaman anak dalam mengurutkan angka (2) Kurang mampunya anak dalam berhitung angka 1-10 di kelompok TK A (4) Apakah media number blocks dapat digunakan sebagai sarana belajar anak didik dalam mengembangkan kognitifnya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik TK A di TK IT AL-AQSHA. Penelitian ini menggunakan tiga siklus penelitian dan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar penilaian dan RPP harian. Media number blocks  ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan perkembangan berhitung. Hasil dari penelitian ini yakni sebesar 88,71% dinyatakan tuntas dan persentase anak yang belum tuntas hanya sebesar 14,2%, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media number blocks dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik usia 4-5 tahun di TK IT Al-Aqsha

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abata

Publisher

Subject

Education Other

Description

ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal dedicated to the publication of quality research results in the field of early childhood education and child development. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini has a scope including the development of aspects of child development, ...