Damhil Education Journal
Vol 3, No 1 (2023)

STRATEGI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN KELAS AKTIF DAN MENYENANGKAN

Putri Apriliani (STAI Al Hamidiyah Jakarta)
Siska Putri Sayekti (STAI Al Hamidiyah Jakarta)
Muhammad Afif Fajar Dewanto (STAI Al Hamidiyah Jakarta)
Asalin Mustoffa (STAI Al Hamidiyah Jakarta)
Iffah Cholilah (STAI Al Hamidiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Tugas seorang guru tidak hanya sekadar mentransfer ilmu kepada peserta didik, namun guru yang profesional harus bisa mengelola kelas agar kelas menjadi menyenangkan dan membentuk peserta didik yang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi profesional guru dalam mengajar, (2) mendeskripsikan manajemen pengelolaan kelas yang aktif dan menyenangkan, (3) mendeskripsikan hambatan dan solusi guru dalam menciptakan kelas yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Yapkum Depok kelas VIII. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) strategi profesional guru dalam mengajar menggunakan berbagai metode seperti demonstrasi, metode diskusi, dan karyawisata (2) Untuk membuat kelas agar lebih aktif dan menyenangkan guru menggunakan ice breaking di sela-sela pembelajaran (3) hambatan yang menjadikan kelas tidak menyenangkan antara lain “teacher centered” yang membuat peserta didik merasa bosan, tidur di kelas, berbicara bersama temannya, dan bercanda. Solusi yang dilakukan oleh guru adalah menggunakan metode presentasi dan demontrasi, hal ini membuat peserta didik menjadi aktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...