eProceedings of Applied Science
Vol 9, No 3 (2023): Juni 2023

Pengembangan Aplikasi Game Based Learning, Studi Kasus: Tematik Kelas III Subtema Wujud Benda Untuk Siswa SDN Campaka 1

Afifah Asri Damayanti (Telkom University)
Rickman Roedavan (Telkom University)
Tafta Zani (Telkom University)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Abstrak—EduOne AR Games merupakan aplikasi Game Based Learning yang dikembangkan untuk mengatasi kurangnya media pembelajaran bagi para pengajar SDN Campaka 1 Cianjur dalam menyampaikan materi di dalam buku Tematik kelas III pada subtema wujud benda. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Serious Game Development (SGD) yang terdiri dari Analysis, Production, dan Testing. Aplikasi ini memiliki tiga menu materi (sifat benda gas, cair, dan padat) serta tiga menu kuis (kuis kategori benda gas, cair, dan padat) yang setiap kategorinya menggunakan game typology yang berbedabeda. Hasil dari pengujian aplikasi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) diperoleh setiap aspek UEQ adalah attractiveness mendapat nilai 2,50, perspicuity mendapat nilai 2,09, efficiency mendapat nilai 2,13, dependability mendapat nilai 2,27, stimulation mendapat nilai 2,17 dan novelty mendapat nilai 0,86. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi sudah memiliki hasil uji yang baik, pengujian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan pembaruan pada beberapa aspek.Kata kunci—buku tematik kelas III subtema wujud benda, game based learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

appliedscience

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Merupakan media publikasi proyek akhir keahlian vokasi lulusan Universitas Telkom. Karya tulis proyek akhir keahlian vokasi yang diunggah melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...