Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 3 No. 3 (2023): Juli 2023, IJI Publication

Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintahan melalui Penerapan E-Government Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Manggrai Timur

Haris, Almuhajir (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Kualitas pelayanan publik merupakan, suatu ukuran kemampuan organisasi untuk mencapai segala keperluaannya. Langkah dalam peningkatan kualiatas pelayanan publik dengan cara melalui penerapan e-government. Upaya penerapan e-government  untuk memberikan pelayanan yaang baik kepada masyarakat serta memudahkan urusan penyelenggran pemerintahan dan upaya mewujudkan sistem informasi yang baik, teratur dan sinergi antara lembaga pemerintahan. Penelitian ini bertujun untuk melihat  bagaimana kualitas pelayanan aparatur pemerintahan melalui penerapan e-government pada Dinas Kependududkan dan Catatan Sipil di Kabupaten Manggrai Timur. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif  dengan  pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan  bahwa penerapan e-government sudah memberikan kemudah bagi masyarakat, seperti masyarakat  dengan mudahnya mengakses informasi  dan pelayanan yang dibutuhkan. Pada penelitian ini kendala yang dihadapi dalam penerpan e-government adalah seringkali terjadinya human erorr.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...