Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 2 No 1 (2023): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PROSES DAUR AIR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (POWERPOINT) PADA SISWA KELAS V SDI LOONUNA KECAMATAN LAMAKNEN SELATAN

Mau, Juliani Angelina (Unknown)
Manek, Alfridus Mau (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran interaktif (powerpoint) pada kelas V SDI Loonuna, Lamaknen selatan Kabupaten Belu, tahun pelajaran 2020 / 2021. Peningkatan hasil belajar disini adalah hasil belajar pada materi siklus hidrologi / proses daur air. Penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan kelas dimana guru sebagai pengajar sekaligus pengamat. Penelitian dilakukan pada kelas V SDI Loonuna, Lamaknen Selatan Kabupaten Belu. Pada penelitian ini diterapkan siklus I dan II, pada setiap siklus dilakukan rancangan atau planning yang baik, melaksanan tindakan terhadap kelas, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi eskalasi dari siklus I dan siklus II. 9 siswa dinyatakan tuntas pada siklus I dengan persentase kelas 45% dan siklus II 16 dinyatakan tuntas dengan persentase kelas 80% siswa mendapatkan nilai > 65. Simpulan dari penelitian ini, bahwa dengan mengaplikasikan media pembelajaran interaktif (powerpoint) pada kelas V SD Inpres Loonuna dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang proses daur air.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...