ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah upaya mewujudkan peserta didik mandiri serta aktif dalam proses pembalajaran fisika serta belum dikembangkannya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scaffolding berorientasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis scaffolding berorientasi berpkir kritis pada materi Hukum Newton tentang gerak dan mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan motode 3D (define, design dan develop) yang dimodifikasi dari metode 4D. Pada tahap validasi, lembar kerja peserta didik divaliasi oleh 3 validator. Hasil validasi menujukkan bahwa lembar kerja peserta didik sangat layak dengan persentase capaian 89%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek isi 82%, aspek penyajian 94% dan aspek bahasa  92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis scaffolding berorintasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton memenuhi kriteria dengan kwalitas sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik SMA kelas X. Kata Kunci : LKPD, scaffolding, berpikir kritis, Hukum Newton ABSTRACT The background of this research was the effort to realize independent and active students in the physics learning process and had not yet developed a Student Worksheet (SW) based on critical thinking oriented scaffolding on Newton’s Law theory. This research aimed to develop the student worksheet based on critical thinking oriented scaffolding on Newton’s Law theory about motion and describe the feasibility of the student worksheet. This research was Research and Development (R&D) with the 3D method (define, design, and develop) which modified from the 4D method. In the validation step, student worksheet was validated by 3 validators. The result of validation showed that student worksheet was very feasible with an achievement percentage of 89%. The percentage was an average of content aspects of 82%, presentation aspects of 94%, and language aspects of 92%. Thus, it can be concluded that student worksheets based on critical thinking oriented scaffolding on Newton’s Law theory meet the criteria with a very feasible quality as one of the learning media used by senior high school students in class X. Keywords : SW, scaffolding, critical thinking, Newton’s Law
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021