Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 1: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi September 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAP MENGGUNAKAN MINDJET MINDMANAGER PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI

Sinta Ritari (Universitas Bengkulu)
Iwan Setiawan (Universitas Bengkulu)
Nyoman Rohadi (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Mind Map (Peta pikiran) menggunakan Mindjet MindManager pada materi termodinamika kelas XI 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Mind Map (Peta pikiran) menggunakan Mindjet MindManager pada materi termodinamika kelas XI. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar yang dapat digunakan pendidik/guru.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan metode 3D (Define, Design, dan Develop) yang dimodifikasi dari 4D. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Mind Map ini dikategorikan layak digunakan dengan persentase capaian 75%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek penyajian materi 76,6%, penyajian media 76,6% dan aspek kebahasaan 71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Mind Map pada materi termodinamika memenuhi kriteria dengan kualitas layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan peserta didik SMA kelas XI. Kata Kunci: Media pembelajaran, Mind Map, Mindjet MindManager, Termodinamika ABSTRACT The research was aimed 1) Knew  the development Mind Map based  learning  media used Mindjet Mindmanager on class XI with subject matter thermodynamics 2) Knew the feasibility of development Mind Map media used Mindjet Mindmanager on class XI with subject matter thermodynamics. The resulted  product was  in the form of  teaching materials that can be used by educators / teachers. This research  was a research and development (R & D) with a 3D (Define, Design, and Develop) method which is modified from 4D. The validation  results show that the Mind Map-based learning media is categorized as suitable for use with 75% achievement percentage. The percentage was  average of 76.6% presentation of material, 76.6% of media presentation and 71% linguistic aspects. Thus it can be concluded that the Mind Map-based learning media on thermodynamic material meets the criteria of decent quality as one of the  learning media using by XI grade high school students. Keywords: Learning media, Mind Map, Mindjet MindManager, Thermodynamics

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...