Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2022

MENGUNGKAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS INKUIRI

Toni Hasmedi (SMAN 2 Kota Bengkulu)
Aprina Defianti (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control-group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Bengkulu. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari data hasil pretest, data hasil posttest, dan data gain standar. Hasil penelitian menunjukkan: a) berdasarkan rata-rata hasil pretest diperoleh bahwa tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelompok treatment dan kelompok kontrol; b) berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelompok treatment lebih besar dari pada kelompok kontrol; c) berdasarkan rata-rata gain standar diperoleh bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelompok treatment lebih besar dari pada kelompok kontrol. Kata Kunci: Inkuiri, LKS, keterampilan berpikir kritis ABSTRACT This study aims to reveal sudents’ critical thinking skills after using the worksheets based on inquiry. The method of this study was quasy eksperriment with nonequivalent control-group pre-test post-test design. The subject of this study was students of SMA Negeri 2 Bengkulu. The data were oftained by pretestt, post test, and gain standard. The results showed: a) based on the average pretestt results showed that there was no difference between the students' critical thinking skills treatmentt group and the control group; b) based on the average post-test results showed that the students' critical thinking skills treatmentts groups is greater than in the control group; c) based on the average standard gain is obtained that increase students' critical thinking skills treatmentts groups is greater than in the control group. Keywords: Inquiry, LKS, critical thinking skills

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...