Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 2 No 1: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi September 2022

PENGEMBANGAN PERANGKAT TES BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MATERI GELOMBANG DI SMA

Nur Luelu Ilutfiah (Universitas Bengkulu)
Henny Johan (Universitas Bengkulu)
Desy Hanisa Putri (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi perangkat tes berbasis multiple intelligence pada materi gelombang di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat tes berbasis multiple intelligence pada materi gelombang. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 3D dengan langkah-langkah define, design, dan develop. Validasi dilakukan oleh 3 ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek materi, aspek konstruksi, dan aspek bahasa. Berdasarkan hasil uji validasi didapatkan persentase pada aspek materi sebesar 99,67% dengan kategori sangat layak, aspek konstruksi sebesar 94,89% dengan kategori sangat layak, dan aspek bahasa sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat tes berbasis multiple ilntelligence pada materi gelombang yang dihasilkan sudah valid dengan persentase rata-rata sebesar 95,69% dengan kategori sangat layak.Kata kunci: Perangkat Tes, Multiple Intelligence, GelombangABSTRACTThis study aims to describe the content validity of multiple intelligence-based test instrument on wave material in senior high school. This research is a research and development (R&D) that aims to produce multiple intelligence-based test instrument on wave material. The development model used is a 3D model with the steps of define, design, and develop. Validation test was carried out by 3 experts to assess the product developed from the material aspect, construction aspect, and language aspect. Based on the results of the validation test, the percentage on the material aspect was 99.67% with a very feasible category, 94.89% in the construction aspect with a very feasible category, and 92.5% in the language aspect with a very feasible category. Based on these results, it can be inferred that the test instrument based on multiple intelligences on the wave material produced has been valid with an average percentage of 95.69% in the very feasible category.Keywords: Test Instrument, Multiple Intelligence, Wave

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...