Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Penerapan Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Literasi Membaca di Sekolah Dasar

Juliana, Rika (Unknown)
Witarsa, Ramdhan (Unknown)
Masrul, Masrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Gerakan literasi di sekolah dasar jarang dilakukan secara terstruktur dan berkesinambungan. Enam literasi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah dasar timpang dan tidak selaras antara satu literasi dasar dengan literasi dasar lainnya. Perlu dilakukan pengukuran pengaruh gerakan literasi terhadap kemampuan literasi sains dan literasi membaca di sekolah dasar negeri 4 Meranti Bunting. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh Gerakan literasi terhadap kemampuan literasi sain dan literasi membaca di sekolah dasar. Kuasi eksperimen dilakukan pada penelitian ini. Sampel yang dipilih siswa kelas IV berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan lembar tes kemampuan Lisa dan Lica. Gerakan literasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan literasi membaca di sekolah dasar. Gerakan literasi ini harus terus dilakukan secara berkelanjutan agar literasi lainnya seperti literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan bisa berkembang selaras beriringan. Kepala sekolah perlu terlibat secara maksimal dalam hal penyediaan prasarana dan sarana agar gerakan literasi ini bisa dilakukan secara maksimal. Peneliti berikutnya bisa mencoba mengukur pengaruh gerakan literasi terhadap kemampuan literasi dasar yang telah disebutkan sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...