kurikulum yang memberikan kebebasan kepada Sekolah untuk mengeksplorasi kemampuannya sesuai dengan sarana, input serta sumber daya yang di miliki, serta memberikan kemerdekaan kepada guru untuk menyampaikan materi yang essensial dan urgen. Penelitian ini termasuk dalam kategori studi kepustakaan (library research). Studi kepustakaan adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur, dan penulis. Studi kepustakaan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat teoritis sehingga peneliti mempunyai landasan teori yang kuat sebagai suatu hasil ilmiah. Implementasi kurikulum mencakup tiga kegiatan pokok yaitu pengembangan program, program pembelajaran, program bimbingan dan konseling atau remedial .Sedangkan Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam implementasi kurikulum PAI, dapat digunaka dua model pendekatan, yang pertama Pendekatan makro: Model pendekatan makro berupaya untuk menghadirkan proses pembelajaran Pendidikan Islam yang dapat memberikan nuansa yang berbeda dan harapan kolektif semua pihak. Yang kedua Pendekatan Mikro: Pendekata mikro adalah suatu tahapan secara praktis dan sistematis yang memperhatikan situasi dan kondisi sumber daya dukung lembaga pendidikan.
Copyrights © 2023