Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ketut Ayu Nila Wangi (Undiksha)
I Gede Astawan (Unknown)
Dewa Ayu Puteri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi siswa. 2) Pengaruh model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPS. 3) Pengaruh model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi yang digunakan adalah siswa V SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Penarukan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa unjuk kerja dalam mengukur keterampilan komuniksi dan tes berupa esay untuk mengukur hasil belajar IPS. Data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil analisis yang diperoleh yaitu: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playig berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi. (F= 83,11 sig<0,05). 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playig berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajara IPS (F= 85,48 sig< 0,05). 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playig berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPS (F=70,292 sig<0,05). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana mempengaruhi keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...