Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning materi gaya muatan IPA untuk siswa kelas IV sekolah dasar, 2) menganalisis validitas isi E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning, 3) mengetahui kepraktisan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning, 4) mengetahui efektivitas E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner atau angket dan tes. Simpulan yang dapat diperoleh adalah; 1) E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning adalah LKPD elektronik yang dikembangkan sesuai sintaks model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan software Flip PDF Corporate Edition, 2) E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning memperoleh tingkat validitas isi menurut ahli materi sebesar 3,79 dengan kategori sangat baik, sedangkan tingkat validitas isi menurut ahli media sebesar 3,75 dengan kategori sangat baik, 3) kepraktisan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning ini menunjukan hasil sebesar 3,92 sehingga dinyatakan sangat baik, 4) E-LKPD interaktif ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga nilai Sig.<0,05.
Copyrights © 2023