Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan perbedaan keunikan cara belajar antara masing-masing peserta didik. Perbedaan itu dipengaruhi factor lingkungan dan dominasi otak sehingga membentuk suatu gaya belajar yang cenderung mengarah pada penglihatan, pendengaran maupun gerak tubuh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 1 SDN Tambakrejo 01 Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 anak dimana didalamnya terdapat 17 peserta didik berjenis kelamin laki-laki dan 11 peserta didik berjenis kelamin perempuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas 1 SDN Tambakrejo 01 memiliki gaya belajar yang beragam. Terbukti bahwa gaya belajar peserta didik kelas 1 SDN Tambakrejo menunjukkan 29% visual, 32% audiotori dan 39% kinestetik. Perbedaan gaya belajar inilah yang menjadi tantangan bagi pendidik untuk menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik agar terpenuhi kebutuhan belajarnya serta dapat memahami materi secara mendalam.
Copyrights © 2023