Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMBAKREJO 01

Galuh Ajeng Mulatsih Galuh (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)
Filia Prima Artharina (Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Pascarasarjana, Universitas PGRI Semarang)
Ida Dwijayanti (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Pembelajaran membaca dini di Sekolah Dasar Negeri masih kurang efektif. Permasalahan membaca yang kurang baik pada siswa kelas III berimplikasi pada siswa, guru, dan sekolah, yang sebagian siswa mengalami ketertinggalan dalam hal memahami sehingga perlu dianalisis hambatan yang muncul pada saat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas III SD Negeri Tambakrejo 01. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan sumber data penelitian berupa: observasi,wawancara dan dokumentasi berupa tes LKPD hasil diskusi siswa disaat pembelajaran Teknik analisis data kajian: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah: Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo 01, yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain siswa kurang minat belajar, anak kurang percaya diri, kesulitan mengenal dengan membedakan huruf, dll. Faktor eksternal adalah siswa yang belum pernah lancar mengeja huruf, kurangnya pengawasan terhadap orang tua serta dukungan dalam belajar dirumah dan pembelajaran daring kurang maksimal akibat pandemi covid saat kelas berada tingkatan kelas sebelumnya yaitu kelas 2 sehingga perekonomian orang tua juga mempengaruhi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan minat dan kemampuan membaca Siswa SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...