Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Sains Terapan Pariwisata

Variasi Bentuk Dan Kemasan Produk Olahan Cokelat Sebagai Daya Tarik Konsumen Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Desi Erviana (Politeknik Sahid)
Zayyini Nahdlah (Politeknik Sahid)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbedaan penilaian konsumen terhadap Variasi Bentuk dan Kemasan Produk Olahan Cokelat. Bahan dan alat dalam penelitian ini menggunakan bahan berkualitas serta alat yang canggih sesuai teknologi saat ini. Pengujian terhadap variasi bentuk dan kemasan cokelat mengunakan uji kesukaan. Pengujian statistik menggunakan one way ANNOVA (α=5%) dan LSD. Hasil analisis Tingkat kesukaan panelis sebesar 98% dengan nilai rata-rata mean 4,75 menyatakan sangat suka dengan produk cokelat dizzul yaitu bentuk cokelat kelopak bunga mawar dan hasil analisis tingkat kesukan panelis sebesar 97% dengan nilai rata-rata mean 4,80 pada kemasan cokelat box. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dan kemasan unik, dapat menarik konsumen untuk membelinya. Dihasilkan sesuai dengan nilai sensoris pembeda masing-masing bentuk, kemasan, dan jenisnya mempengaruhi daya beli konsumen sebesar 85%. Berdasarkan sample, maka dengan ini disimpulkan keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi pula oleh kemasan dengan beberapa model dan jenisnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jstp

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

Jurnal Sains Terapan Pariwisata adalah jurnal nasional terlengkap untuk semua yang peduli dengan inovasi dan pengembangan aspek pariwisata serta isu pariwisata terkini, seperti Destinasi Wisata, Perhotelan, Gastronomy dan MICE. Jurnal ini berisi penelitian teoritis dan terapan, mendorong penelitian ...