PT. INDOSATM2 (INDOSAT MEGA MEDIA) adalah anak perusahaan dari PT. INDOSAT OOREDOO yang merupakan penyedia jasa internet bagi pelanggan skala perusahaan atau corporate. Infrastruktur jaringan PT. INDOSATM2 tersebar diberbagai titik dimana salah satu cabang regionalnya terletak di Surabaya. Stabilitas jaringan merupakan jaminan yang diberikan kepada pelanggan. Namun terkadang gangguan dapat terjadi pada perangkat jaringan perusahaan ataupun di lokasi pelanggan. Penanganan gangguan atau troubleshooting perusahaan saat ini masih dilakukan secara manual, dengan melakukan input ticket toubleshoot yang dilakukan oleh Customer Service. Hal tersebut menyebabkan notifikasi atau penanganan gangguan hanya terpaku pada informasi yang diberikan oleh Customer Service, sehingga membuat waktu penanganan gangguan menjadi lebih lama. PT. INDOSATM2 berusaha meminimalkan gangguan dan mempercepat penanganan gangguan. Untuk itu dikembangkan sistem informasi monitoring infrastruktur jaringan dan otomasi trouble ticket real time menggunakan metode spiral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi monitoring infrastruktur jaringan dan otomatisasi trouble ticket memiliki fitur notifikasi, serta monitoring proses troubleshooting secara real time untuk semua infrastruktur di area Surabaya. Selain itu juga dapat dihasilkan laporan secara periodik berupa laporan gangguan yang telah maupun yang masih belum diselesaikan. Laporan tersebut dapat dijadikan dasar bagi PT. INDOSATM2 untuk melakukan peremajaan perangkat, atau peningkatan pada beberapa aspek kenyamanan layanan bagi pelanggan.
Copyrights © 2017