Perkembangan teknologi saat ini telah meningkat pesat, terutama pada smartphone android. Dengan adanya smartphone android dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif. Dengan belajar dapat memberi pengetahuan baru yang bermanfaat.Terkadang belajar menjadi suatu hal yang sangat membosankan untuk anak. Anak akan memilih bermain daripada belajar dikarenakan terlalu lama sekolah dirumah siswa banyak yang masih belum bisa menghafal huruf dan menyusun kata yang sudah diacak. Tujuan dari penelitian ini dibuat adalah membuat aplikasi pengenalan huruf dengan menerapkan metode Fisher-Yates Shuffle. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah aplikasi pengenalan huruf dan susun kata yang berbasis android ini memilik 4 menu utama yaitu, belajar, kuis, bermain, dan tentang. Pada menu belajar terdpat pengenalan huruf abjad, di menu kuis terdapat pertanyaan dengan kata yang di acak, dan menu bermain terdapat permainan. Dari pengujian black box bahwa game edukasi pengenalan huruf dapat berjalan sesuai yang diharapkan, pada pengujian perangkat rata-rata tampilan dan fitur berjalan sesuai yang diharapkan, dan pada pengujian pengacakan soal menggunakan perangkat berbeda telah berjalan sesuai yang diharapankan.
Copyrights © 2022