Al Ghafur : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2023): Juli

UPAYA MEMINIMALISIR SISWA YANG KESULITAN MEMBACA DI SMPN 1 JABIREN RAYA, KABUPATEN PULANG PISAU

Hasanah, Nur (Unknown)
Yaya, Sylvia (Unknown)
Wahdah, Nurul (Unknown)
Sabarun, Sabarun (Unknown)
Widiastuty, Hesty (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Setelah mempembelajaran dirumah yang memakan waktu cukup lama, akhirnya pemerintah kembali menghadirkan sekolah tatap muka, namun hal itu justru menjadi tantangan baru lagi untuk guru-guru di SMPN 1 Jabiren Raya, para guru  banyak mengeluh karena banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca, sehingga pembelajaran terganggu. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah PALS (participatory action learning system), dengan pelaksanaan (1) mengidentifikasi masalah siswa; (2) melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah pembelajaran, merencanakan bimbingan dan pendampingan siswa, (4) melakukan pendampingan terstruktur dengan kelas tambahan, dan (5) kegiatan pemantauan dan evaluasi. (6) pelaporan dan penelusuran keberhasilan program. Berdasarkan hal itu kegiatan bimbingan membaca untuk siswa SMPN 1 Jabiren Raya dikata kan berhasil dan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan membaca, dari data 17 siswa sudah 14 siswa lancar membaca 3 siswa masih kurang lancar membaca, dapat disimpulkan tim pengabdian berhasil meminimalisir kesulitan membaca sehingga pembelajaran didalam kelas menjadi kondusif, siswa bisa memahami tulisan serta menjawab soal yang telah diberikan oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Alghafur

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Health Professions

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Al Ghafur : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences ...