Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 2 (2023): Mei

Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 1 Praya Tahun Ajaran 2022/2023

Mursali Wirejati Akbar (Universitas Mataram)
Nani Kurniati (Universitas Mataram)
Muhamad Turmuzi (Universitas Mataram)
Laila Hayati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang penting dalam dunia pendidikan yaitu matematika. Banyak permasalahan dan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang harus diselesaikan dengan menggunakan ilmu matematika seperti menghitung, mengukur dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 1 Praya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam pokok bahasan Pythagoras. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Praya dan subjek  dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang masing-masing memiliki kemampuan koneksi matematis berdasarkan kategori. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknk nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes koneksi matematis yang berjumlah 3 soal uraian.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika berada pada kategori cukup dengan rata-rata yaitu 59,74. Kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah dikelompokkan menjadi lima kategori, dari 26 siswa diperoleh bahwa 3 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori sangat baik atau dengan persentase (9%), 4 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori baik dengan persentase (12%), 10 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori cukup dengan persentase (30%), 3 siswa berkemampuan koneksi matematis dalam kategori kurang dengan persentase (9%), dan 6 siswa berkemampuan koneksi matematis termasuk dalam kategori sangat kurang dengan persentase (18%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...