EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA

Adrianus Adrianus (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Indri Astuti (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Eny Enawaty (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat yang mengharuskan guru dan peserta didik perlu memanfaatkan media elektronik sebagai bahan ajar pada kegiatan belajar dikelas. Tentu hal ini sangat mempermudahkan pekerjaan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sebuah produk berupa e-modul untuk peserta didik dikelas 8. E-modul akan dikembangkan dengan materi fisika SMP dan berbasis android. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil analisis menujukan bahwa pengembangan e-modul sangat diperlukan sebagai media pembelajaran dengan presentase data 100% dari 30 respon peserta didik membutuhakan e-modul. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan pengembangan e-modul berbasis android layak dan sangat diperlukan sebagai media pembelajaran. Dalam artikel ini hanya membahas studi pendahuluan yang berupa hasil analisis kebutuhan dalam pengembangan e-modul yang berbasis android pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...