Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual,kecerdasan intelektual, prilaku belajar, dan gaya mengajar dosen baik secara parsial maupun simultan terhadappemahaman mata kuliah Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian. Metode yangdigunakan adalah metode survei. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan proportionate stratifiedrandom sampling. Sampel yang diperoleh yaitu 295 responden. Adapun teknik pengumpulan data dalampenelitian ini yaitu angket dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, menggunakanaplikasi SPSS 22.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Gaya MengajarDosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar Akuntansi. Sedangkan KecerdasanSpiritual dan Prilaku Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah PengantarAkuntansi. Secara simultan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, PrilakuBelajar, dan Gaya Mengajar Dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah PengantarAkuntansi.
Copyrights © 2023